Resep Lengkap Cilok Enak

Resep Lengkap Cilok Enak

Resep Lengkap Cilok Enak
Resep cilok
Resep Lengkap Cilok Enak - Cilok merupakan jajanan pasar yang mudah di temukan dikawasan Jawa Barat dan sekitar nya dengan perpaduan tepung tapioka dan beberapa bumbu lainnya yang membuat rasa cilok menjadi nampak kenyal-kenyal enak dan lezat pastinya tak hanya anak-anak saja yang menyukai cemilan yang satu ini hampir semua orang yang baru pertama kali mencoba nya saja langsung bisa merasakan sensasi kelezatan kenyal nya cilok dan pasti mengatakan enak banget dan ingin memakan nya lagi. Cilok ini berbentuk seperti hal nya bakso dengan bulatan-bulatan kecil seukuran kelereng bentuknya dari luar hampir sama seperti halnya bakso, namun kalau di lihat dari segi bahan jelas berbeda cilok tak terlalu banyak bahan dan ribet layaknya membuat bakso.

Untuk "cilok" sendiri terbilang makanan ringan yang cukup populer di Indonesia karena tak terkenal di kawasan Jawa Barat saja bisa di bilang pesatnya perkembangan zaman ini setiap daerah sudah ada yang menjual beraneka macam cilok dengan perpaduan isi dan bahan yang berbeda setiap daerah nya namun jelas ciri khas nya yang memakai bahan dasar tapioka membuat rasa cilok setiap daerah sama yaitu kenyal namun memang terkadang bumbu yang di pakai daerah satu dengan daerah lain berbeda misalnya saja memang sekarang ini sudah banyak sekali jenis cilok dengan perpaduan bahan spesial seperti halnya di padukan dengan bahan cincangan daging, atau bahkan telur dan di isi keju juga ada malahan pecinta cilok dengan variasi bahan tersebut memang menyukai nya sensasi yang berbeda dan rasa nya yang lebih lezat pastinya harga juga relatif berbeda dengan cilok pada biasanya namun tenang saja untuk membuat cilok ada beberapa cara yang berbeda juga baik yang original maupun yang perpduan bahan spesial lainnya.

Nah bagaimana kalau resep kali ini? untuk kesempatan yang cerah ini makeresep akan berbagi cara membuat cilok yang lebih sederhana dan simple untuk bagian isian dan perpaduan bahan lain bisa Kalian coba sendiri namun kali ini admin akan memberikan cara membuat cilok rumahan yang sederhana dan mudah di buat tentu dengan bahan yang mudah di temukan dan tak terlalu ribet. Membuat cilok sendiri memang beberapa orang kalau tak tau bahan dasarnya pasti mengatakan susah ribet dan terlalu banyak memakan waktu namun sebenarnya kalau sudah mengetahui cara membuat cilok pasti ingin nya membuat setiap hari untuk cemilan bersama keluarga di waktu sore hari kumpul bersama juga terasa enak dan menambah keharmonisan dalam keluarga kalian tentu nya di temani makan cemilan cilok akan terasa banget.

Untuk membuat cilok sangatlah mudah dan praktis memang sudah banyak sekali jenis resep-resep dalam membuat cilok yang dapat Kalian temukan mulai dari yang sederhana dan ribet namun untuk rasa pastinya belum tentu terjamin enak nah berbeda untuk sajian resep make resep kali ini pastinya walaupun nampak sederhana dan simple namun jelas rasa yang di hasilkan juga terasa enak banget, apalagi dengan perpaduan bumbu cilok yang terasa banget dan berbeda dengan lain nya pasti membuat cilok kali ini terasa lezat. Sebelum nya Kita juga telah berbagi resep cara membuat martabak mie dan juga resep cara membuat cireng enak. Nah untuk itu langsung saja di simak bagaimana buat cilok yang kenyal enak dan lezat selengkapnya bisa lihat di bawah ini.

Bahan & Bumbu Cilok :

7 sendok makan tepung tapioka
8 sendok makan kacang tanah goreng
4 sendok makan tepung gandum
4 siung bawang putih
4 batang daun bawang
2 sendok makan gula
2 buah cabai merah besar
gula merah secukupnya
penyedap royco ayam secukupnya
garam secukupnya

Langkah Cara Membuat Cilok :

  • Cara petama kali cukup ambil sebuah wadah dan campurkan tepung tapioka dengan gandum nya  lalu sisihkan dahulu.
  • Ambil daun bawang dan iris tipis-tipis, untuk bawang putihnya bisa di ulek halus, kemudian campurkan daun bawang dan setengah bahan bawang putih yang telah di haluskan ke dalam campuran tepung.
  • Beri juga garam dan juga royco rasa ayam/sapi seperlu nya lalu di tuangkan lahsedikit air hangat seperlunya saja hingga garam dan bumbunya larut (jangan terlalu encer).
  • Selanjutnya setelah semua bahan tercampur rata kemudian bentuk dan juga giling bulat-bulat menggunakan tangan saja seukuran bola kelereng kecil.
  • Siapkan rebusan air dalam panci kemudian masak cilok dan rebus ke dalam air rebusan dan biarkan sampai cilok-cilok nya matang (bila sudah mengapung menandakan cilok matang).
  • Menunggu cilok matang bisa buat bumbu kacang nya dahulu dengan cara memblender kacang tanah yang telah di goreng bersamaan dengan gula merah, gula dan juga cabai merah dan sisa bawang putih yang tadi di haluskan.
  • Sebelum di blender bisa juga tambahkan sedikit garam dan juga royco seperlunya lalu baru di blender merata.
  • Panaskan wajan dengan api sedang lalu goreng bumbu kacang yang telah di haluskan tadi dan beri air asam jawa secukupnya setelah nampak dan agak sedikit kering menandakan bumbu kacang telah siap saji.
  • Sajikan bumbu kacang bersamaan dengan cilok nya.
Itu saja resep cilok yang enak dan kenyal untuk hari ini, memang cilok tidak cocok bila di jadikan menu utama bersamaan dengan nasi putih hangat karena cilok sendiri merupakan jajanan/ cemilan yang pastinya di makan begitu saja tanpa tambahan makanan lain nya karena rasanya yang sudah enak tentu membuat nya enak di makan sendirian dengan bumbu ciri khas nya. Untuk bumbu cilok sendiri sebenarnya memang beraneka macam ada yang memakai bumbu kacang ada yang bahkan hanya saus sambal saja namun memang pada umumnya yang di pakai untuk cilok adalah bumbu kacang dan kebanyakan orang menjual cilok di pinggir-pinggir jalan juga memakai bumbu kacang karena rasanya akan lebih terasa bilamana ingin menambahkan bumbu pedas pada cilok juga bisa.

Terasa sangat mudah bukan membuat cilok sendiri di rumah? Sebenarnya kalian juga dapat menambahkan bahan lainnya seperti potongan telur rebus, cincangan daging dalam isian cilok nya pasti akan terasa nikmat banget dan keluarga di rumah menyukai nya namun untuk cilok original dan sederhana hanya seperti di atas saja tanpa perpaduan bumbu lain nya. Memang sebenarnya mudah sekali membuat cilok sendiri tak perlu butuh waktu lawa layaknya buat bakso cilok lebih sederhana banget dan simple jadi bisa Kalian coba kapan dan dimana saja ketika ada waktu luang. Selamat tuk mencoba nya di rumah, jangan lupa mencoba resep-resep lain nya seperti resep cara membuat coto makassar dan resep cara membuat pastel goreng enak.

No comments:

Post a Comment