Resep Lengkap Cireng Enak Gurih

Resep Lengkap Cireng Enak Gurih

Resep Lengkap Cireng Enak Gurih
Resep cireng enak
Resep Lengkap Cireng Enak Gurih - Apa sih "Cireng" itu? Ya, salah satu jajanan atau cemilang aci di goreng yang mudah di temukan di sore hari. "Cireng" sendiri adalah masakan dari Jawa Barat atau sunda yang sudah cukup populer di Indonesia sekarang ini hampir semua orang mengatahui kelezatan cireng. Umumnya di goreng garing agar terasa crispy dan gurih membuat cireng terasa enak dan lezat. Makanan ini sudah ada sejak zaman dahulu apalagi kepopulerannya mulai dari tahun 80 hingga 90 an ini hampir setiap daerah di jawa barat terutama jakarta sudut-sudut jalan banyak yang menjualnya, terbuat dari bebeapa bahan sederhana seperti tepung terigu, tapioka bawang dan beberapa bahan dapur yang cukup familiar dan murah meriah, memang sebenarnya jajanan yang satu ini sangat cocok di hidangkan untuk waktu santai sambil nonton televisi maupun berkumpul sama keluarga.

"Cireng" yang sangat populer sekarang adalah jenis cireng gepeng walaupun sebenarnya variasi bentuk nya macam-macam ada yang gemuk ada yang bulat seperti kelereng dan juga lainnya untuk rasanya sendiri juga banyak sekali. ada yang di padukan dengan keju juga lhoo. jadi varian rasa dan bentuk memiliki khas sendiri-sendiri. Beberapa orang buat cireng memang kalau belum tahu resep dan bahan yang di gunakan pasti akan mengatakan susah dan ribet banget namun sebenarnya kalau sudah mengetahui sebenarnya bahan yang di gunakan untuk membuat cireng yang gurih dan enak sangatlah praktis dan mudah di temukan hampir setiap pasar maupun warung pasti menyediakan nya dan harganya relatif terjangkau. Jadi semua orang yang ingin merasakan sensasi kelezatan cireng buatan sendiri mulai sekarang sudah bisa.

Untuk hari ini makeresep akan berbagi cara membuat cireng yang enak lezat, gurih dan sederhana agar semua orang dapat memahami cara pembuatannya tentu pasti akan lebih suka cara sederhana namun memiliki cita rasa enak ketimbang terlalu ribet dan susah dan hasilnya belum tentu terasa enak. Sekarang ini cireng juga dapat di padukan dengan aneka bahan spesial seperti sosis, baso bahkan hingga daging ayam dan sapi keju perpaduan tersebut juga banyak di sukai kalangan anak-anak dan remaja. Namun orang dewasa umumnya lebih menyukai cireng dengan rasa original yang gurih dan enak. Karena ketenaran rasa yang enak sekarang ini mudah sekali membeli cireng hampir setiap kota ada yang menjualnya.

Untuk "membuat cireng yang enak" sangatklah mudah praktis walaupun banyak yang jual namun buatan sendiri dengan cita rasa yang jauh lebih enak ketimbang pedagang kaki lima pastinya lebih memuaskan, membuat cireng sendiri tak terlalu sulit kok, walaupun mudah sekali menemukan penjual cireng hingga sampai orderan melalui online juga sudah ada namun bagi Kalian yang ingin mencoba sensasi buat cireng sendiri di rumah pastinnya bisa mencoba resep yang ada di bawah artikel ini. Sebelum ini sudah ada resep cara membuat martabak mie ala anak kost dan juga resep cara membuat tempe mendoan enak. Yang sama-sama cemilan dan bisa juga di jadikan pelengkap makanan ini bisa Anda buat juga namun kesempatan kali ini yuk belajar berasama cara membuat cireng yang enak gurih selengkapnya.

Bahan & Bumbu Cireng Enak :

150 ml air panas
16 sendok makan tepung tepioka
4 sendok makan tepung terigu
4 batang daun bawang
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1 sendok makan kaldu ayam bubuk
1 sendok makan garam
merica bubuk secukupnya
minyak goreng secukupnya
air matang secukupnya

Langkah Cara Membuat Cireng Enak :

  • Langkah pertama cukup persiapkan bahan yang akan di pakai lalu campurkan tepung terigu dengan tapioka menjadi satu. Di lain sisi iris dahulu daun bawang nya menjadi keicl-kecil.
  • Sedangkan untuk bawang putih dan merah di haluskan dahulu kemudian tinggal campurkan ke dalam adonan tepung terigu dan tapioka bersamaan juga dengan irisan duan bawang tadi.
  • ambahkan kaldu bubuk, garam dan bumbu mericanya juga aduk campur merata agar adonannya merata.
  • Tuangkan air panas secara perlahan saja sambil di aduk-aduk terus adonannya hingga nampak kalis dan dapat di bentuk.
  • Selanjutnya bentuk dahulu bulat-bulat adonannya ukuran nya jangan terlalu kecil ya, berikut nya langsung di bentuk bulat pipih.
  • Rebus dan didihkan air matang yang banyak menggunakan api besar kemudian masukkan adonan cireng ke dalam rebusan air yang sudah mendidih.
  • Biarkan cireng -cireng tersebut mengapung di atas permukaan air baru di angkat dan sisihkan dahulu, lakukan ke semua adonan cireng hingga habis.
  • Panaskan minyak banyak dengan api kecil saja dan goreng cireng yang telah di rebus tadi sampai matang kuning keemasan.
  • Hidangkan cireng ketika masih hangat dan bisa juga tambahkan saus cuko, saus sambal maupun saus tomat.
Demikian adalah Resep Cireng Enak Gurih edisi makeresep hari ini, memang rasa cireng akan terasa lebih enak dan gurih ketika masih hangat namun berbeda sekali dengan kalau sudah tak hangat rasanya akan kurang cocok jadi bisa juga di hangatkan kembali. Cireng ini apabila di padukan dengan saus cuko bisa mirip seperti pempek palembang namun rasa nya tentu memiliki cita rasa spesial yang berbeda-beda walaupun nampak dari luar mirip dan sama-sama gurih renyah pastinya rasa berbeda antara pempek dan cireng. Beberapa orang ada yang lebih suka cireng ketimbang pempek begitu pula sebaliknya. Kalau beli di pedagang kaki lima biasanya memang kurang hiegenis jadi alangkah baiknya bisa membuat cireng sendiri di rumah jadi cireng homemade jauh lebih terjamin akan rasa dan di lihat dari segi kebersihan dan kesehatan jauh lebih aman.

Bagaimana mudah kan pembelajaran hari ini, tertarik untuk mencoba "buat cireng" ini? Memang tak sesulit bayangan Anda selama ini karena bahan yang familiar tentu membuat cireng terasa lebih sederhana dan mudah dan jangan lewatkan untuk mencoba-coba beberapa resep yang ada di make resep juga ya mulai dari resep cara membuat pastel enak dan resep cara membuat coto makassar enak. Cireng juga cemilang yang dapat membuat Anda kenyang namun bisa juga di jadikan pelengkap makanan atai hidangan utama Kalian. Memang rasa cireng sebagai pelengkap makanan terasa kurang cocok karena cireng sendiri lebih terasa enak bila di jadikan cemilan semata. Rasanya yang enak apalagi sekarang dapat di campurkan dengan bahan-bahan seperti keju atau bahkan bumbu bubuk dengan aneka rasa juga akan terasa enak dan tambah menarik cita rasa yang di ciptakan dari cemilan yang satu ini. Untuk itu selamat coba buat cireng yang renyah semoga berguna ya resep kali ini.

No comments:

Post a Comment