Resep Lengkap Tempe Mendoan Enak Renyah

Resep Lengkap Tempe Mendoan Enak Renyah

Resep Lengkap Tempe Mendoan Enak Renyah
Resep tempe mendoan
Resep Lengkap Tempe Mendoan Enak Renyah - kalau ada yang tak tau benar-benar kelewatan sekali karena tempe bisa di bilang adalah salah satu masakan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai dan tempe tergolong ke dalam salah satu makanan ringan yang sangat populer di indonesia, dapat di olah menjadi aneka macam masakan nah seperti yang akan makeresep bagian hari ini adalah membuat tempe mendoan crispy renyah dan enak. tak hanya kalangan kelas menengah kebawah kalangan kelas atas pun pada menyukai tempe, apalagi kalau di luar negeri bisa di bilang harga tempe mencapai 10 kali lipat ketimbang harga di sini. untuk membuat tempe mendoan berbeda dengan buat tempe goreng pada umumnya, sebelumnya harus di ketahui dahulu apa itu mendoan.

Tempe mendoan adalah salah satu jenis varian tempe yang di masak tak terlalu kering dan tak butuh waktu lama, nah resep spesial kali ini adalah tempe mendoan yang crispy tentunya nampak dari luar sangat crispy renyah dan dalamnya lembut sekali. sebelumnya kita telah belajar dalam resep cara membuat sambal goreng kentang dan juga resep cara membuat sosis solo nah sekarang yuk bersama-sama buat tempe mendoan, tenang saja bahan yang di perlukan sangat mudah dan sederhana yang pastinya harganya juga terjangkau dan proses mematangkan tempe mendoan juga cukup mudah. untuk membuat tempe mendoan sangatlah mudah dan praktis serta langsung dapat di praktekan oleh semua orang yang baru belajar memasakpun bisa langsung mencobanya.

Bahan & Bumbu Tempe Mendoan :

1 papan tempe
10 sendok makan tepung terigu
2 sendok teh tepung beras
2 sendok teh tepung maizena
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
2 cm kunyit
1/4 sendok makan garam
1/2 sendok teh baking powder
1/4 sendok makan kaldu ayam bubuk
1/4 sendok makan ketumbar
air matang

Langkah Cara Membuat Tempe Mendoan :


  • Pertama cukup potong dahulu tempe-tempe nya untuk ukuran ketebalan sesuaikan selera namun perlu di ingat jangan terlalu tebal mengiris lembaran tempenya.
  • Haluskan bumbu-bumbunya bawang putih, ketumbar, kunyit bersamaan beri garam dan kaldu ayam bubuknya campur aduk sampai merata.
  • Ambil sebuah wadah dan campurkan tepung terigu, tepung beras dan tepung maizena jadi satu tuangkan air matang dan beri baking powder serta bumbu yang telah di haluskan tadi.
  • Iris daun bawang tipis-tipis kemudian masukkan ke dalam adonan, campur kembali aduk dan pastikan adonannya mengental (perlu di ingat ketika menuangkan air jangan terlalu encer).
  • Celupkan lembaran tempe ke dalam adonan kemudian goreng di atas minyak banyak yang panas dengan api sedang.
  • Goreng tempenya mendoan saja.

No comments:

Post a Comment