Resep Lengkap Sosis Solo Enak Gurih

Resep Lengkap Sosis Solo Enak Gurih

Resep Lengkap Sosis Solo Enak Gurih
Resep sosis solo
Resep Lengkap Sosis Solo Enak Gurih - Sosis solo adalah salah satu jenis cemilan kue kering yang tergolong ke dalam jenis risoles karena walaupun namanya sosis bentuk dari sosis solo ini berbeda dengan sosis dan bisa di bilang lebih mirip dengan risoles. membuat sosis solo mudah seperti halnya membuat risoles, dan cemilan kue yang satu ini tergolong sangat populer di indonesia, pada umumnya mudah di temukan di sore hari dan biasanya jajanan yang satu ini biasa di peruntukan untuk arisan ataupun untuk para tamu. nah selain itu memang sosis solo juga sangat nikmat di jadikan sebagai cemilan. buat sosis solo memang mudah namun sebelum itu harus bisa membedakan dulu karena ada dua jenis kue sosus solo yang cukup populer yaitu sosis solo basah dan sosis solo kering. nah yang akan makeresep bahas hari ini adalah sosis solo goreng yang renyah enak dan gurih.

Pembuatan sosis solo goreng dan sosis solo basah tentunya nya berbeda, kalau yang basah biasanya di bungkus menggunakan telur dadar dan yang goreng biasanya gulungan dadar nya di goreng terlebih dahulu. untuk membuat sosis solo sangat mudah dan praktis. perbedaan sosis solo goreng atau kering dan basah tentunya kalau basah tak tahan lama sedangkan sosis kering sebaliknya. sebelumnya kita telah membahas resep cara membuat martabak manis mini dan resep cara membuat roti manis. nah kali ini kita akan mencoba buat sosis solo yang tentunya masakan daerah yang satu ini mudah di buat dan dilihat dari segi bahan cukup familiar sekali, langsung siapkan bahan dan praktekan di dapur anda saja.

Bahan & Bumbu Sosis Solo :

150 gram daging ayam cincang
150 ml santan
60 gram tepung terigu
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 batang daun bawang, iris tipis
5 buah cabai hijau rawit, bisa di sesuaikan jumlahnya
1 butir telur ayam
1 lembar daun salam
1/2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 butir putih telur
minyak goreng

Langkah Cara Membuat Sosis Solo :


  • Buat kulit sosis solonya dahulu  dengan mengocok lepas telur nya lalu campurkan dengan santan dan juga tepung aduk campur beri sedikit garam, setelah rata baru di cetak dan sisihkan dahulu.
  • Untuk buat isiannya cukup haluskan dahulu bawang putih, bawang merahnya secara terpisah lalu di tumis bersama sampai wangi dengan sedikit minyak.
  • Masukkan daun salam, daging cincang dan juga irisan daun bawang ke dalam tumisan, aduk cepat dan masak sampai matang.
  • Ambil isian nya dan letakan dalam kulit sosis solo (pembuatan seperti lumpia / risoles) untuk ukurannya jangan terlalu besar namun lebih kecil dari lumpia.
  • Kocok lepas telur putih nya kemudian ambil salah satu sosis solo yang sudah jadi dan celupkan ke dalam telur.
  • Goreng hingga matang menggunakan minyak panas dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan matang.
  • Hidangkan dengan cabai rawitnya.

No comments:

Post a Comment