Resep Lengkap Soto Betawi Enak

Resep Lengkap Soto Betawi Enak

Resep Lengkap Soto Betawi Enak
Resep soto betawi
Resep Lengkap Soto Betawi Enak - Perkenalkan saya nana untuk postingan resep masakan enak pada website makeresep yang pertama ini saya mengajak anda untuk membuat soto khas betawi asli. nah soto betawi sendiri adalah salah satu menu masakan khas yang sangat populer sekali di daerah jakarta dan sekitarnya. cara membuat soto betawi ini terbilang sangat mudah walaupun dari segi bahan nya sangat banyak dan kebanyakan orang mengatakan susah dan ribet sebernya untuk buat soto betawi yang sangat enak sederhana sekali proses pembuatannya pun tak membutuhkan waktu lama seperti buat soto pada umumnya soto betawi ini cenderung memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk kuah soto betawi yang segar pastinya akan menambah cita rasa pada sotonya, kalau di hari-hari biasanya memang mudah sekali menemukan penjual soto betawi dan biasanya cocok sekali untuk menu makan siang ketika istirahat di kantor, selain itu soto betawi juga sangat enak di peruntukan sebagai hidangan rumah makan malam, sore maupun lainnya karena hampir semua orang yang mencoba dan mencicipi cita rasa soto betawi ini pasti akan mengatakan enak. nah bagaimana kalau kita langsung mempraktekan mudahnya buat soto asli betawi dengan makeresep kali, silahkan ikuti caranya ya.

Bahan & Bumbu Soto Betawi :

500 gram daging sapi
500 gram jeroan, rebus dengan daun salam dan laos
500 ml santan cair
10 siung bawang putih
10 butir bawang merah
7 butir kemiri
3 buah tomat
3 buah kentang rebus
3 lembar daun salam
3 buah cengkeh
3 cm kayu manis
3 lembar daun jeruk
3 cm laos
1 sendok makan irisan daun bawang
1 sendok makan irisan seledri
1 sendok makan ketumbar bubuk
1 buah jeruk nipis
3 cm jahe1 batang serai
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/4 sendok teh jinten
kecap manis
bawang goreng
emping goreng

Langkah Cara Membuat Soto Betawi :


  • Rebus dahulu jeroannya hingga hampir matang, lalu bisa di buang air nya dan sisihkan jeroannya.
  • Haluskan bawang putih, bawang merah berserta kemiri dan jahe, cengkeh, kayu manis, serai, laos, pala, jinten dan bumbu rempah lainnya sampai wangi.
  • Tuangkan sedikit air kemudian masukkan jeroan dan juga daging sapinya dalam tumisan tersebut baru tuangkan santannya.
  • Beri bumbu masaknya dan masak sampai daging sapinya empuk, selanjutnya ambil jeroan dan daging namun kuahnya jangan di buang.
  • Potong daging serta jeroan lalu ambil kuah rebusan tadi dan saring kemudian didihkan sebentar selama 3 menitan.
  • Letakan daging dan jeroan dalam mangkuk saji kemudian tambahkan bawang goreng, emping, tomat dan kentang yang telah di potong. tambahkan kecap manis dan tuangkan juga kuah ke dalam mangkuk.

No comments:

Post a Comment